Manfaat Kurma Saat Buka Puasa

MAKASSARCHANNEL.COM – Kurma seperti menjadi buah yang wajib hadir di bulan bulan Ramadan. Ternyata, kurma mengandung banyak manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Buah khas dari negara Arab ini diketahui kaya gizi dan nutrisi. Kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit.

Ini manfaat kurma yang baik untuk kesehatan manusia dikutip dari Healthline. Buah ini tidak sekadar menjadi pelengkap menu buka puasa, tetapi sudah saatnya menjadi bahan utama, saat berbuka.

Bergizi tinggi. Kurma merupakan buah yang kaya akan gizi. Buah ini mengandung beberapa vitamin, salah satunya B6. Kurma juga mengandung mineral, serat dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kaya serat. Buah ini mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebiji kurma disebut mengandung tujuh gram serat yang bermanfaat mencegah sembelit serta melancarkan buang air besar (BAB).

Baca Juga :
Siasati Penyebaran Covid-19, Pemkab Sinjai Siapkan Lapak Khusus Penjual Takjil

Antioksidan. Kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Tiga jenis antioksidan yang terdapat di dalam kurma, di antanya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiganya diyakini dapat menangkal dan mengurangi penyakit kronis, seperti diabetes, alzheimer, jantung, kanker hingga diabetes.

Cegah penyakit alzheimer. Sebuah studi menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin (IL-6) di otak. Kandungan flavonoid pada kurma ini dikenal dapat meningkatkan kesehatan pada otak dan mengurangi peradangan serta mencegah penyakit alzheimer.

Membantu persalinan. Wanita yang mengonsumsi kurma pada masa kehamilannya dapat meningkatkan dilatasi serviks dan membantu saat persalinan. Itu karena buah ini mengandung tanin, senyawa yang terbukti membantu memfasilitasi wanita saat mulai kontraksi dan membantu persalinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *