Gempa 4,2 SR Guncang Luwu Timur

MAKASSARCHANNEL.COM – Di tengah keprihatinan terhadap penyebaran virus corona, masyarakat Luwu Timur (Lutim) dikejutkan getaran dengan gempa bumi berkekuatan 4,2 SR, Sabtu (11/4/2020).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ), mencatat, gempa terjadi pada pukul 09:05 Wita atau 08:05 WIB. Lokasi gempa Luwu Timur ini berada di titik koordinat 2.37 LS, 120.90 BT dengan pusat gempa berada di darat darat 8 Km utara Luwu Timur, di kedalaman 7 kilometer.

Guncangan gempa dirasakan di Kalaena, Luwu Timur hingga Masamba, Luwu Utara. Namun tidak ada peringatan tsunami terkait gempa ini.

Gempa Bumi bisa terjadi kapan di mana saja, sehingga masyarakat perlu melakukan antisipasi sejak dini. Berikut tindakan yang diekomendasikan jika menghadapi gempa bumi.

Berita Terkait :
Gempa Bermagnitudo 4,2 Guncang Luwu Utara

1.Tetap tenang. Saat gempa terjadi, berusahalah untuk tidak panik dan tetaplah tenang. Tarik napas dalam-dalam, lalu lihat keadaan sekitar dan pilih spot yang aman untuk berlindung.

2.Lindungi diri. Jika pada saat gempa sedang berada di dalam penginapan, berusahalah menyelamatkan diri dan orang yang ada di sekitarmu. Meja adalah tempat terbaik untuk berlindung dari benda-benda yang terjatuh akibat gempa. Setelah itu, lindungi kepala dengan benda empuk, seperti bantal, helm, papan. Yang paling praktis, telungkupkan tangan tangan di atas kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *