Pertemuan Tatakelola Pelabuhan Perikanan di TPI Beba Takalar, Ini Permintaan Nelayan

MAKASSARCHANNEL.COM – Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pertemuan sehari, bertajuk Tatakelola Pelabuhan Perikanan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Beba Galesong Utara, Takalar.

Kepala Bidang Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Safaruddin Rachman, kepada media ini, Kamis (12/3/2020), menjelaskan, dengan berlakunya UU No 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah maka kewenangan pengelolaan laut yang dulunya berjarak 0-4 mil ada di kabupaten, sekarang 0-12 mill menjadi kewenangan provinsi.

“Sekaitan dengan itu juga, pelabuhan perikanan yang dulunya kewenangan kabupaten/ kota beralih menjadi kewenangan provinsi. Penyerahan ini ditandai melalui P3D yang ditandatangani oleh pemerintah kabupaten bersama pemerintah provinsi,” kata Safaruddin.

Safar, sapaan akrab Safaruddin Rahman, mengatakan, guna mempercepat pemanfaatan asset kelautan dan perikanan, terutama pelabuhan perikanan, maka DKP SulSel melalui bidang perikanan tangkap melakukan pertemuan tatakelola pelabuhan di PPI Beba Takalar.

Berita Terkait:
Siapa Tampung Upeti Pengelolaan Puluhan Hektare Empang Milik Pemda Takalar? Dinas Perikanan dan Bagian Ekonomi Saling Tuding

“Salah satu tujuan pertemuan ini adalah bagaimana agar fungsi-fungsi pelabuhan perikanan bisa dilaksanakan,” kata Safar.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Usaha Perikanan dan Penyelenggara TPI (Tempat Pelelangan ikan) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Takalar Islamuddin Nanga mengatakan, “Saya sebagai salah satu peserta pertemuan mengapresiasi kegiatan ini karena baru saja Dinas KP Takalar memiliki UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) TPI Beba, sehingga diharapkan ke depan setelah MoU dengan Pemprov UPTD Beba lebih maksimal melayani masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *