Gerbang Ilmu, Inovasi Baru SD Negeri Borong

SD Negeri Borong, Makassar, memperlihatkan buku pilihannya yang akan dibaca. (Foto : Ist / Dok Pribadi Rusdin Tompo)

MAKASSARCHANNEL.COM – Untuk memperkuat Gerakan Literasi Sekolah, SD Negeri Borong, Makassar, mengembangkan Gerbang Ilmu yang merupakan akronim dari Gerakan Membaca Riang Tiga Halaman Buku. Maksudnya, anak-anak diperbiasakan membaca buku minimal tiga halaman setiap hari ketika berada di sekolah.

“Gerbang Ilmu ini merupakan inovasi kami untuk memperjelas apa yang selama ini dilakukan, karena capaiannya lebih terukur,” jelas Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd, Kepala SD Negeri Borong, Senin (24/2/ 2020).

Program ini mulai dilaksanakan, pekan lalu, setelah sebelumnya disosialisasikan pada guru-guru di sekolah di Kecamatan Manggala itu, Kamis (13/2/2020). Pustakawan SD Negeri Borong, Saparuddin Numa, S.I.P, mengatakan penamaan Gerbang Ilmu ini sangat tepat karena pembiasaan membaca buku itu memang akan jadi gerbang bagi siapa saja untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

Rusdin Tompo, saat sosialisasi Gerbang Ilmu kepada guru-guru mengatakan, program ini selain bertujuan untuk membiasakan membaca buku setiap hari, juga untuk mengidentifikasi kemampuan membaca peserta didik, melakukan pemetaan kesukaan anak-anak pada ragam jenis bacaan, dan bagian dari pengembangan kreativitas sudut baca yang ada di setiap kelas.

Baca Juga :
Pilkada Bulukumba 2020 Tanpa Calon Independen

“Melalui program ini, kita juga mencoba menghidupkan buku dalam imajinasi dan aktivitas anak-anak,” papar Rusdin yang di SD Negeri Borong merupakan fasilitator ekstrakurikuler kegiatan literasi.

Metode yang dikembangkan dalam program Gerbang Ilmu ini beragam. Anak-anak tak hanya diminta membaca tapi juga membuat kaligrafi/meletter, menggambar, mencari quote yang menarik, bercerita, dan menuliskan apa yang mereka pahami dari bacaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *