30 Desa dan Kelurahan di Takalar Bakal Dimekarkan, Empat Kelurahan Ganti “Kulit”, Ini Kata Nurdin HS

Ketua Komisi I DPRD Takalar Nurddin HS. (Foto : Ist)

MAKASSARCHANNEL.COM – Pemerintah Kabuaten Takalar bersama masyarakat, baik yang bermukim di kota maupun di desa atau keluharan terus berupaya menggolkan agenda pemekaran desa dan kelurahan. Bahkan, nyaris semua warga berharap rencana itu cepat terealisasi.

Di Kecamatan Galesong Utara, ada enam desa/ kelurahan induk yang akan dimekarkan menjadi tujuh desa. Masing-masing: Kelurahan Bontolebang (induk) dimekarkan menjadi dua desa yakni Desa Kale Bontolebang dan Desa Jamarang. Desa Tamasaju (induk) dimekarkan menjadi Desa Sawakung Beba. Desa Bonto Sunggu (induk) dimekarkan menjadi Desa Macini Sombal hasil pemekaran.

Selanjutnya, Desa Pakkabba (induk) akan berdampingan dengan Desa Pakkabba Toa sebagai hasil pemekaran). Desa Bontolanra (induk) akan menghasilkan Desa Kaballokang sebagai hasil pemekaran,dan Desa Aeng Toa (induk) akan menhasilkan Desa Biring Kassi sebagai hasil pemekaran.

Dua desa di Kecamatan Galesong Selatan yakni Desa Sawakung (induk) akan melahirkan Desa Sawakung Toa sebagai hasil pemekaran dan Desa Bontokannang (induk) hasil pemekarannya menjadi Desa Kanaeng.

Di Kecamatan Galesong, Desa Parambambe (induk) akan memunculkan Desa Masino sebagai hasil pemekaran). Desa Palalakang (induk) akan berdampingan dengan Desa Kampung Beru sebagai pemekaran). Desa Galesong Kota dan Desa Galesong Baru (induk) akan dimekarkan dan menghasilkan Desa Galesong Timur, serta Desa Boddia (induk) akan berdampingan dengan Desa Tarembang hasil pemekaran.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Sebut Gus Sholah Cendekiawan Muslim Panutan

Di Kecamatan Sandrobone ada dua desa yang dimekarkan. Yakni Desa Banyaunyara (induk) akan menghasilkan Desa Kalenna Banyuanyara dan Desa Tonasa (induk) akan dimekarkan menjadi Desa Pa’rasangang Beru.

Di Kecamatan Mappakasunggu Kelurahan, Takalar Lama (induk) akan dimekarkan menjadi Desa Takalar Lama dan Desa Kunjung Mae. Di Kecamatan Polsel juga ada dua desa yakni Desa Moncongkomba (induk) akan menhasilkan Desa Bontolebang sebagai hasil pemekaran dan Desa Lantang (induk) akan memunculkan Desa Je’ne Tallassa sebgai hasil pemekarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *