DK3N dan Asosiasi Rampungkan Pedoman Budaya K3

Wakil Ketua DK3N Dr Rudiyanto (Ketum Apitindo), Ketua Komisi II DK3N Dr Isradi Zainal, Kepala Sekretariat DK3N Ir Amri AK, Ketua WSO Soehatman Ramli, K3 UI dr Chandra bersama sejumlah konsultan dan Asosiasi K3. (Foto : Ist / Dok Pribadi Isradi Zainal).

MAKASSARCHANNEL.COM – Dewan Keselamatan Kerja dan Kesehatan Nasional (DK3N) bersama Asosiasi K3 dan konsultan sudah merampungkan Pedoman Budaya K3 ditandai penyerahan matriks dan frame budaya K3 oleh konsultan dan asosiasi K3 kepada Ketua Komisi II DK3N Dr Isradi Zainal di Graha Biro Klasifikasi Indonesia Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Peserta yang ikut merampungkan penyusunan pedoman pengukuran budaya dan iklim K3 ini di antaranya Wakil Ketua DK3N Dr Rudiyanto, Ketua Komisi II DK3N Dr Isradi Zainal, Kepala Sekretariat DK3N Ir Amri, Asosiasi Ahli K3 Konstruksi (A2K4) Dominggus Manuputti, Asosiasi Ahli K3 Umum (A3K3U) Sam Bulan, Asosiasi Perusahaan Jasa K3 Riksa Uji Indonesia (APJK3) RUI P.D.Sembiring.

Hadir pula APKPI Pertambangan Ade Kurdiman, PT Building & Safety Institute (BPSI), Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Arif Bijaksana, Departemen K3 UI dr.Chandra, World Safety Organization Soehatman, Komisi V DK3N Masjuli, Asosiasi Lembaga Pembinaan K3 (ALPK3) Agus M, Dadang Thiar A2K3 Kimia, Afrizal staf DK3N.

Baca Juga :
Danrem 142/Tatag Lepas Letkol Imran “TANTARAYYA” Sebagai Kasrem

Ketua Komisi II DK3N Dr Isradi Zainal yang juga Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Jasa Keselamatan Kerja dan Kesehatan Riksa Uji Indonesia (APJK3 RUI) kepada media ini menjelaskan, hasil rumusan pedoman budaya K3 diserahkan ke Wakil Ketua DK3N Dr Rudiyanto untuk dilanjutkan ke Dirjen Binawas K3 dan Menteri Ketenagakerjaan RI.

Dikatakan, matriks dan frame budaya K3 yang diajukan oleh konsultan dan asosiasi itu telah disinkronkan di bawah arahan ketua Komisi II DK3N dan mengasilkan rumusan dan kesepakatan terkait Pedoman Pengukuran Budaya dan Iklim K3.

Sinkronisasi itu meliputi kesamaan persepsi tentang definisi budaya K3, batasan antara iklim K3 (safety climate) dan budaya K3 (safety culture), jumlah elemen budaya K3, jumlah dimensi budaya K3, jumlah level budaya K3, jumlah metode yang digunakan, dan persyaratan ukur budaya K3. (bas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *