Direksi BUMN Rugi, Naik Pesawat Pakai Kelas Ekonomi Saja

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir. (Foto : Ari Saputra/detikcom)

MAKASSARCHANNEL.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerbitkan surat edaran (SE) Nomor SE-9/MBU/12/2019 tentang Penerapan Etika dan/ atau Kepatutan Dalam Rangka Pengurusan dan Pengawasan Perusahaan. SE ini diteken Kamis (12/12/2019).

Dalam isi SE tersebut, direksi, dewan komisaris, dan dewan pengawas BUMN diminta menjaga tindakan agar tidak melanggar etika dan atau kepatutan yang seharusnya dihormati. Di SE ini juga mengatur perjalanan dinas untuk BUMN.

“Untuk BUMN yang rugi, agar menggunakan kelas ekonomi dengan tetap memperhatikan kualitas pelayanan dan kenyamanan penyedia jasa penerbangan,” tulis SE tersebut dikutip Jumat (13/12/2019).

Sedangkan untuk BUMN yang kinerjanya kinclong bisa menggunakan kelas bisnis yang disesuaikan dengan kemampuan perseroan.

Baca Juga :
Resnarkoba Polres Takalar Tangkap Ardianto Terduga Penyalagunaan dan Pengedar Narkotika

“Untuk BUMN yang memiliki kinerja balk dapat menggunakan kelas yang lebih tinggi dari kelas ekonomi (maksimal kelas bisnis), dengan tetap memperhatikan prinsip kewajaran serta kebutuhan dan kemampuan BUMN,” bunyi SE tersebut.

SE ini juga mengatur soal jamuan perseroan yang didasarkan pada kepentingan perusahaan.

“Jamuan perusahaan harus berdasarkan pertimbangan kepentingan perusahaan, yang dilakukan berdasarkan aspek efisiensi, selektif dan kewajaran serta kelaziman di dunia usaha (best practices),” demikian dikutip dari SE tersebut. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *