Setiap Orang Bisa Jadi Pahlawan

Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Sulsel, Pria Gunawan (tengah) bersama kasubag dan para kepala seksi BP-PAUD dan Dikmas Sulsel. (Foto : Munir / MAKASSARCHANNELCOM)

MAKASSARCHANNEL.COM – Setiap orang bisa menjadi pahlawan masa kini. Itu dapat dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia dalam bentuk aksi nyata yang memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut dikatakan Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Sulawesi Selatan, Pria Gunawan, pada upacara peringatan Hari Pahlawan, di halaman upacara BP-PAUD dan Dikmas Sulsel, Senin (11/11/2019).

Aksi memperkuat NKRI yang dimaksud mensos antara lain, menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan yang anarkis atau merugikan orang lain, maupun aksi positif lainnya.

“Peringatan Hari Pahlawan dijadikan momentum untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-aanak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, kata mensos.

Setiap hari Pahlawan, lanjut Menteri Sosial Juliari, kita diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Baca Juga :
Film Ati Raja, Momen Perekat Akulturasi Budaya dan Penguatan Nasionalisme

Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia,” katanya.
Dengan peringatan Hari Pahlawan, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita, Bung Karno yang menyatakan bahwa “… hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya saja dapat menjadi bangsa yang besar ….”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *