Kegembiraan Lahirkan Kecerdasan

Suasana pelaksanaan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau Sehari Belajar di Luar Kelas. (Foto : Ist)

*Catatan OCDay Ketua Yayasan SIGAP KERLIP Indonesia, Nurlinda Taco

KEMARIN, 7 November 2019, kita merasakan aura kebahagiaan yang dirasakan oleh siswa-siswa di pelosok negeri ini, ketika sehari belajar di luar kelas dalam rangkaian Hari Anak Internasional. Seperti itulah dunia pendidikan yang seharusnya dirasakan siswa.

Saya juga melihat guru-guru merasakan aura kebahagiaan. Bahagia keluar dari rutinitas dan beban kerja yang tiada habis. Bahagia karena melihat siswa-siswanya gembira.

Mereka menikmati Outdoor Classroom Day OCDay) atau Sehari Belajar di Luar Kelas pada satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Bahkan, hingga hari ini (ketika catatan ini dibuat), rasa bahagia itu masih terus mengalir dari brbagai penjuru. Ungkapan rasa bahagia mengejawantah melalui share foto, video, dan link berita dari berbagai media online.

Siswa juga bahagia karena mereka bisa bermain. Menikmati “kebebasan” di luar kelas pada jam belajar rutin mereka. Itu karena bermain memang dunia anak yang membuat mereka menjadi kreatif, sportif, sehat, dan gembira.

Bukankah lepas dari rutinitas dan tugas itu menyenangkan? Itulah yang dirasakan siswa seharian kemarin. Dan terbukti, kata yang selalu terulang dari Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Pendidikan sekaligus Ketua Pembina SIGAP KERLIP INDONESIA bahwa “Kecerdasan dilahirkan dari Kegembiraan” terbukti dengan mengalirnya kegiatan dengan berbagai kreatifitas saat itu.

Belajar di luar kelas sangat dianjurkan agar siswa dapat tantangan, menikmati kegembiran, dan merasakan pengalaman yang berbeda.

Pendidikan di luar kelas tidak hanya bermain, tetapi memanfaatkan lingkungan lokal atau alam sekitar untuk pembelajaran.

Keluarga besar SIGAP KERLIP INDONESIA dan Perkumpulan Keluarga Pendidikan mengucapkan terima kasih tak terhingga atas partisipasi semua pihak dalam menyukseskan gerakan Sehari Belajar Di Luar Kelas. Semoga sekolah Bapak/Ibu yang ikut lomba ada yang menang. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *