OCDay Ala SD Negeri Borong Makassar

Murid SD Negeri Borong Kecamatan Manggala Makassar saat berkunjung ke Redaksi Harian Radar Makassar dalam rangka Outdoor Classroom Day (OCDay) atau Sehari Belajar di Luar Kelas. (Foto : Dok Rusdin Tompo).

MAKASSARCHANNEL.COM – Kamis, 7 November 2019. Hari masih pagi, sekira pukul 10, sekelompok anak terlihat berada di ruang redaksi harian Radar Makassar. Jika biasanya anak-anak hanya akrab dengan gawai dan medsos, kali ini mereka diajak melihat aktivitas para jurnalis.

Anak-anak berseragam putih merah itu merupakan murid-murid SD Negeri Borong, Makassar, yang tengah merayakan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau Sehari Belajar di Luar Kelas. Mereka terdiri dari murid kelas 1, 2, 4 dan 5.

Selama berada di Radar Makassar, mereka mendapatkan penjelasan tentang jurnalistik dari Kak Poppy. Beberapa anak tampak asyik membuka-buka halaman koran. Sepintas membaca isinya dan melihat foto-foto yang menghias berita hari itu.

“Anak-anak senang sekali, berada di ruang redaksi. Apalagi setelah dikasi kesempatan duduk di depan komputer. Mereka langsung berebutan kursi,” cerita Neny Wahyuni Wahab, S.Pd, guru yang menemani anak-anak lakukan visit media.

Bu Uni, begitu ia biasa disapa, juga ditemani rekannya dari SDN Borong, Andi Sumiati, S.Pd, dan dua orangtua murid.

Baca Juga :
Apa Saran Luhut Sarankan Ke Prabowo?

Selain ke media cetak, rombongan literasi media ini ke NET tivi. Di stasiun televisi berjaringan ini, anak-anak diterima Abdul Khaliq, Produser NET Makassar. Anak-anak gembira berada di ruangan yang biasa digunakan syuting program acara talk show. Mereka serius belajar bagaimana proses produksi sebuah siaran hingga bisa tayang di layar kaca.

Iwan Taruna, Penanggung Jawab Siaran Lokal NET, yang dihubungi via WhatsApp mengatakan, sebagai penggiat broadcast, dirinya sangat mengapresiasi kunjungan anak-anak ke stasiun TV. Ini penting, katanya, karena bisa memberi pemahaman kepada anak-anak tentang siaran yang berkualitas. Selain itu, mereka juga belajar tentang ragam profesi yang ada di belakang layar.

Saya perhatikan ekspresi anak-anak saat ke redaksi dan studio NET begitu antusias,” ungkap Iwan Taruna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *