Deklarasi Akbar Madrasah Ramah Anak Takalar Di Hari Sumpah Pemuda

MAKASSARCHANNEL.COM – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tanggal 28 Oktober 2019 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan ragam kreasi. Termasuk di Kabupaten Takalar.

Kementerian Agama Kabupaten Takalar memanfaatkan momen tersebut dengan melaksanakan Deklarasi Akbar Madrasah Ramah Anak (MRA), pada semua jenjang yang dikoordinir Seksi Pendidikan Madrasah di halaman Kantor Kemenag, Senin (28/10/2019).

Deklarasi Akbar MRA di Takalar yang melibatkan 2.964 peserta dari 89 madrasah semua tingkatan dan 31 Raudhatul Athfal (RA) ini, merupakan deklarasi pertama di Sulawesi Selatan dan yang kedua di Indonesia, setelah Jawa Timur.

Selain diikuti siswa madrasah, panitia juga menghadirkan orangtua siswa sebagai pendamping yang jumlahnya sebanyak 890 orang dan 1.184 guru PNS dan non-PNS. Dengan rangkaian kegiatan antara lain pembacaan ikrar SPeAK n ACT, KAGUMI Indonesia, penandatanganan MOU Percepatan Madrasah Ramah Anak, pawai deklarasi, hingga penandatanganan komitmen bersama percepatan MRA.

Dari seluruh rangkaian acara, yang tak kalah menariknya adalah hadirnya Pojok Prtisipasi yang berisi aneka makanan sehat hasil olahan orangtua siswa/ santri yang dipersembahkan bagi anak-anak mereka dan seluruh peserta yang hadir.

Baca Juga :
Menpora Harap Pemuda Indonesia Berperan Aktif Di Kancah Internasional

“Dalam kegiatan ini antusisme masing-masing madrasah dan orangtua siswa luar biasa. Terbukti dengan partisipasi penuh sehingga kami tidak menyiapkan anggaran khusus untuk konsumsi karena para pihak, termasuk orangtua membawa makanan yang sudah diolah di rumah,” kata Ketua Panitia Deklarasi MRA, Zulfikah Nur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Takalar, H Junaidi Mattu melaporkan bahwa latar belakang diselenggarakannya Deklarasi Madrasah Ramah Anak ini adalah untuk menjadikan madrasah di Takalar sebagai tempat yang aman, nyaman, bersih, ramah, dan menyenangkan bagi anak didik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *