Kabinet Presiden Jokowi Sudah Rampung

Presiden Jokowi (Foto : Dok Biro Pers Setpres).

MAKASSARCHANNEL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku susunan menteri kabinet pemerintahan periode keduanya sudah rampung, namun belum diumumkan.

“Sudah (rampung menyusun kabinet),” kata Jokowi sebagaimana ditayangkan dalam video akun YouTube Sekretariat Presiden, diakses, Senin (14/10/2019).

Meski begitu, Jokowi merasa masih mempertimbangkan untuk mengumumkan kabinetnya saat pelantikan presiden. Tapi semua persiapan sudah dilakukan.

“Mungkin bisa hari yang sama dengan pelantikan, mungkin bisa sehari setelah pelantikan insya Allah semua sudah kita siapkan,” kata Jokowi dilansir detikcom.

Formasi kabinet tersebut, sambung Jokowi masih bisa berubah setelah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jokowi memang telah bertemu SBY di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

“Ya mungkin ada beberapa pertimbangan masih bisa,” ucap Jokowi.

Baca Juga :
Setengah Lusin Hotel di Makassar Nikmati APBD Takalar, Dua Pemilik Lahan Sekolah Dibiarkan Menderita, Ini Kata Legislator

Politikus PKB, Abdul Kadir Karding, meyakini Jokowi sudah menyusun kabinet pemerintah mendatang. Namun, menurut Karding masih ada beberapa perubahan siapa dan jumlah kementerian apa.

“Saya menyakini bahwa rancangan komposisi kabinet ini pasti sudah tersusun. Walaupun itu tentu ada alterntif-alternatif di setiap kementerian mungkin ada satu-dua orang sebagai alternatif tetapi tentang siapa menduduki apa, siapa dari mana. Lalu jumlah kementerian seperti apa sampai hari ini saya kira hanya Pak Jokowi yang mengetahuinya,” kata Karding, Senin (14/10/2019).

Untuk pengumuman kabinet, Karding menyebut akan sulit jika dilakukan saat pelantikan presiden, Minggu (20/10/2019). Karding menyebut kemungkinan pengumuman kabinet menteri Jokowi-Ma’ruf setelah pelantikan presiden.

“Termasuk soal pengumuman bisa saja tanggal 20 oktober, tetapi tanggal 20 Oktober tentu menurut saya sih mungkin sulit karena pelantikan saja tanggal 20 Oktober pukul 16.00 WIB, kita perkirakan selesai magrib agak sulit kalau pelantikan hari tanggal 20 Oktober, bisa jadi setelah tanggal 20 Oktober,” tutur Karding. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *