Merek dan Logo KAI Rasuna Office Park Resmi Terdaftar di HAKI Kemenkumham

Ketua dan Sekretaris KAI Sulsel pada Rapimnas 2019. (Foto : Ist)

MAKASSARCHANNEL.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi RI melalui Direktorat Kekayaan Intelektual, DR Freddy Harris, SH, LL.M, A.C. CS, dalam suratnya kepada DPP KAI Nomor : HKI.KI.06.01-15 tertanggal, 29 Agustus 2019 menyatakan, Merek dan Logo Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang berkantor pusat di Rasuna Office Park Lt. 1 Ruang MO-01 JL. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, terlah terdaftar dan sah menurut Undang-Undang.

Poin penting dalam surat tersebut :

Pertama : Bahwa mengacu pada ketentuan pasal 1 angka 1 UU NO. 20 tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis definisi Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Kedua : Bahwa diketahui selama ini banyak sekali pengguna merek, permohonan merek yang tidak sah dan tidak memenuhi ketentuan Undang Undang NO. 20 tentang merek dan Indikasi Geografis.

Ketiga : Bahwa merujuk pada definisi merek sebagaimana yang telah diatur UU Ditjen Kekayaan Intelektual tidak lagi mendaftarkan merek atau logo dari suatu organisasi atau lembaga yang semata-mata hanya untuk mendapatkan pengesahan atau lembaga tanpa bermaksud untuk dipergunakan dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Keempat : Bahwa Pendaftaran Merek dan Logo Kongres Advokat Indonesia hanya dapat dilakukan atas persetujuan Kongres Advokat Indonesia yang Sah sesuai peraturan yang berlaku dengan alamat DPP Kongres Advokat Indonesia Rasuna Office Park Lt. 1 Ruang MO-01, JL. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan.

Kelima : Bahwa Ditjen Kekayaan Intelektual akan menolak segala permohonan Merek Logo yang mengatasnamakan KAI namun sesungguhnya tidak terkait dengan Organisasi DPP Kongres Advokat Indonesia Rasuna Office Park Lt. 1 Ruang MO-01 JL. HR. Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan.

Baca Juga :
Jokowi Dinilai Gagal Cegah Korupsi, Ini Alasannya

Dengan demikian Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang sah menurut Undang-undang dan diakui pemerintah hanyalah KAI yang pendirnya H. Indra Sahnun Lubis, Adnan Buyung Nasution dan kawan kawan yang saat ini berkantor pusat di Rasuna Office Park JL. HR. Rasuna Said Jakarta Selatan.

Ketua DPD KAI Sulawesi Selatan Adv. Syamsuddin Nur, didampingi Sekretaris Umum Adv H.M. Aris Pangerang, dan Bendahara Adv.Yusnani Mahmud, beserta jajaran pengurus lainnya kepada wartawan mengatakan, sengat lega dengan ketegasan pemerintah tersebut, sehingga KAI menjadi tunggal tidak lagi dualisme seperti yang diasumsikan banyak orang selama ini.

Diakui pula bahwa memang ada segelintir orang yang ingin memanfaatkan kesempatan mengaku sebagai anggota dan pengurus KAI, namun itu hanya oknum yang tidak memiliki alas hak yang jelas secara hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *