H Mappigau Samma: Rasanya Ingin Hidup Seribu Tahun Lagi

Sosok Dosen Tetap Yayasan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Drs H Mappigau Samma, M.Si, selalu berpenampilan beda. Apalagi, jika sedang berbagi ilmu pemerintahan kepada mahasiswa.

Jika berdiri di depan kelas misalnya, membawakan mata kuliah di Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan, Mappigau memadukan pengalaman praktik pemerintahan yang cukup kaya dengan teori-teori terbaru ilmu pemerintahan.

Rentang waktu selama 39 tahun meniti kariernya sebagai birokrat, salah satu putra terbaik Bulukumba ini, pernah meraih puncak karier birokrat saat menjadi Sekretaris Kabupaten di Pinrang dan Bulukumba.

Jika dalam militer, posisi sebagai Sekkab di dua kabupaten itu, bosa dikatakan, Mappigau Samma sebagai jenderal birokrat di dua kabupaten tempatny berkarier. Kepada media, di acara Masa Ta’aruf Maba 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unismuh Makassar, Selasa (17/9/2019), Mappigau Samma mengatakan, puluhan tahun menjalani karir dan mengabdikan ilmunya dalam praktik birokrasi memberi banyak pengalaman kepada mahasiswa sebagai generasi pelanjut.

Baca Juga :
Bupati Syamsari Kitta Dinilai Gelar Karpet Merah Buat ASN Koruptor Di Takalar

Saat masih aktif jadi birokrat pernah diberi amanah selaku Sekkab Pinrang 1991 di masa pemerintahan Bupati Firdaus serta Sekkab Bulukumba pada masa Bupati Patabai Pabokori.

Di kedua daerah itu, Mappigau Samma menemukan cukup banyak ditemukan praktik pelaksanaan pemerintahan di kabupaten yang terkadang tidak sejalan dengan teori ilmu pemerintahan yang didapatkan di ruang perkuliahan.

Pria kelahiran, Bulukumba 15 April 1947 ini, menjadi dosen di saat memasuki purnabakti sebagai birokrat.

Bagi sarjana ilmu pemerintahan FISIP Unhas 1979 ini, menjalani aktivitas dan membagi pengalaman kepada anak-anak muda pemilik masa depan bangsa ini.

Mappigau Samma mengaku, membagi pengalaman selaku birokrat selama puluhan tahun di hadapan mahasiswa, memberi hiburan, kebahagiaan, dan nuansa tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *