Dinas TPHP Sinjai Pelatihan Tematik Pertanian

Dinas TPHP Sinjai Pelatihan Tematik Pertanian di seluruh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se Kabupaten Sinjai untuk meningkatkan SDM pertanian

MAKASSARCHANNEL, SINJAI – Dinas TPHP Sinjai Pelatihan Tematik Pertanian di seluruh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se Kabupaten Sinjai.

Melalui pelatihan itu bisa meningkatkan kapasitas SDM pertanian sebagai salah satu faktor dalam mewujudkan pembangunan di sektor pertanian dan ketahanan nasional.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai Kamaruddin, mengatakan, pelatihan berlangsung, Senin (9/9/2024), di semua BPP di Sinjai.

Kamaruddin mengatakan, ada delapan BPP di Kabupaten Sinjai. Senin (9/9/2024) pelatihan di Aula BPP Sinjai Utara.

Menyusul, di BPP Bulupoddo, Selasa (10/9/2024), kemudian di BPP Sinjai Timur, Rabu (11/9/2024). Peserta penyuluh dan petani.

Tingkatkan Kompetensi Petani

Pelatihan bertema Peran Mikroba Sebagai Pembenah Tanah dan Agen Pengendali Hayati ini untuk meningkatkan kompetensi petani dan penyuluh pertanian.

Pejabat Fungsional Dinas TPHP Sinjai Ridhawati mengungkapkan, saat ini kandungan unsur hara tanah sudah mulai rendah dengan penggunaan pupuk kimia sehingga pelatihan ini penting.

“Jadi pelatihan ini kita ingin tingkatkan kembali kandungan hara tanah menggunakan mikroba sebagai pengendali hayati dan pupuk hayati supaya melindungi tanaman dari hama dan perubahan lingkungan,” kata Ridhawati.

Ia berharap petani tidak tergantung lagi pupuk kimia dan beralih memanfaatkan pupuk kompos sehingga tanaman dan lingkungan tetap sehat.

“Melalui pelatihan ini petani bisa menyampaikan kepada anggotanya dan mengaplikasikan ilmu dari pelatihan ini,” kata Ridhawati. (ran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *