Sulsel Raih Adipura Terbanyak

Provinsi Sulsel raih adipura terbanyak tingkat daerah se Indonesia tahun 2023. Sebanyak tiga kota dan 14 kabupaten Pengharaan Adipura 2023

MAKASSARCHANNEL, MAKASSAR – Luar biasa! Provinsi Sulsel raih adipura terbanyak tingkat daerah se Indonesia tahun 2023.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyambut penghargaan Adipura 2023 yang diraih 17 kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan.

Bahtiar Baharuddin bersama Kapolda Sulsel dan Kepala Dinas DLHK Sulsel menyerahkan penghargaan kepada bupati dan wali kota.

Penyerahan berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jumat (15/4/2024) .

“Tabe maraja. Selamat dan sukses ki semua kepada daerah yang meraih penghargaan 2023. Sangat membanggakan semua,” kata Bahtiar.

Tiga Kota

Dari 17 daerah yang mendapat penghargaan Adipura 2023 itu, tiga di antaranya kota, yakni Kota Palopo, Parepare, dan Makassar.

Daerah lainnya, Kabupaten Maros, Luwu Timur, Pinrang, Bantaeng, Selayar, Bulukumba, Wajo, Pangkep, Barru, Sidrap, Soppeng, Enrekang, Bone dan Sinjai.

Pj Gubernur Bahtiar menyebut raihan penghargaan itu sejarah baru di Sulawesi Selatan. Biasanya provinsi di pulau Jawa yang terbanyak meraih penghargaan Adipura.

Adipura memiliki banyak aspek penilaian karena melibatkan rakyat, lingkungan sosial dan pemerintahannya. Sehingga penghargaan Adipura patut menjadi kebanggaan daerah.

Dukung Semua Daerah

Pemprov Sulsel sangat mendukung seluruh daerah mampu meraih prestasi terbaik.

Pj Gubernur Bahtiar menantang daerah ini bisa mempertahankan raihan di tahun ini. Sekaligus memotivasi daerah yang belum mendapat penghargaan.

“Piagam ini sekaligus mengandung tanggung jawab mempertahankan ini,” kata Pj Gubernur Bahtiar.

Sejumlah kepala daerah hadir menerima penghargaan, di antaranya Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto, Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, Pj Bupati Bone Andi Islamuddin, Pj Bupati Bantaeng Andi Abubakar, dan Bupati Maros Chaidir Syam.

Tentang Adipura

Adipura adalah sebuah penghargaan terhadap kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang selenggarakan pemberian penghargaan kepada kabupaten/ kota dalam bentuk Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan Penghargaan Adipura Tahun 2023 kepada kabupaten/ kota yang dinilai berprestasi mengelola kebersihan dan kesehatan lingkungan hidup.

Pada ajang penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ini, Wapres menyoroti masalah pengelolaan sampah yang saat ini menjadi salah satu perhatian utama pemerintah.

Program Adipura ada sejak tahun 1986. Namun sempat terhenti pada tahun 1998.

Dalam lima tahun pertama, program Adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi Kota Bersih dan Teduh.

Program Adipura dicanangkan lagi di Denpasar, Bali, pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang. (mun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *